HOME
Home » Destinasi » 10 Tempat Wisata di Kudus yang Asyik untuk Liburan

10 Tempat Wisata di Kudus yang Asyik untuk Liburan

Posted at October 18th, 2018 | Categorised in Destinasi

Tempat wisata di Kudus bak sumur tanpa dasar, tiada habisnya! Banyak tempat tempat wisata di Kota Kretek ini yang layak untuk masuk dalam jadwal liburan kamu, mulai dari wisata religi, wisata alam, wisata budaya, hingga wisata kulinernya pun sangat menarik untuk mengisi hari libur.

Nah, saat kamu sedang berlibur ke salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah ini. Biar gak salah pilih destinasi wisata, berikut adalah 10 tempat wisata di kota Kudus yang patut Anda singgahi.

Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus salah satu wisata religi yang bisa Anda kunjungi di kota Kudus. Anda bisa berziarah ke makamnya Sunan Kudus yang sangat sakral. Masjid ini memiliki teknik konstruksi yang unik dan berbeda dengan masjid lainnya, terpadu konsep budaya Islam dan budaya Hindu-Buddhis, sebagai simbol kerukunan umat beragama.

Masjid Menara Kudus, Tempat Wisata di Kudus yang Asyik untuk Liburan

Menara tersebut  terdapat di Masjid al-Manar atau sebutan lainnya Masjid al-Aqsa. Namun nama resmi masjid ini adalah Masjid al-Aqsa Manarat Qudus, berada di Jalan Menara, Kauman, Kota Kudus, Kabupaten Kudus Jawa Tengah.

Masjid yang dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549 ini merupakan salah satu bukti akulturasi budaya yang terjadi di Indonesia pada zaman penyebaran Islam dahulu. Keunikan lainnya dari masjid ini adalah bahannya yang berupa batu maqdis yang dikirim secara langsung dari Palestina.

Goa Jepang Colo

wisata Goa Jepang Colo kudus

Ingin liburan Anda lebih seru? Goa Jepang Colo bisa menjadi pilihan Anda. Goa ini merupakan saksi bisu atas kejadian  puluhan tahun lalu yang menimpa para pejuang kemerdekaan Indonesia ditawan dan disiksa oleh tentara Jepang. Memang terkesan mistis, karena Goa Jepang salah satu wisata kudus yang dapat memacu adrenalin Anda. Goa Jepang Colo akan membuat Anda menyusuri ruang yang sempit disertai dengan rasa takut yang mencekam. Sungguh liburan Anda akan lebih tertantang.

Desa Wisata Wonosoco Kudus

Desa Wisata Wonosoco Kudus sebuah objek wisata di Kudus yang menarik untuk Anda kunjungi. Banyak spot menarik yang bisa dijadikan tempat Anda berfoto, salah satunya pesona hutan jatinya yang begitu indah.

desa wisata wonosoco kudus

Di tempat ini Anda akan merasakan sensasi liburan yang berbeda. Dengan harga 3.000 rupiah, Anda bisa merasakan sensasi menyegarkan dari pegunungan Kendeng, Sendang Sewot serta pesawahan kacang yang asri nan menyejukkan.

Air Terjun Pengantin

Air terjun ini tentu pernah Anda dengar dalam salah satu film. Kali ini bukan hanya sekedaar menonton, tapi Anda dapat merasakan sensasinya secara langsung dengan berkunjung ke Air Terjun Pengantin. Sebuah air terjun dengan nuansa romantis, pemandangan dua jeram berbeda mengapit batu besar di tengahnya ditemani dengan sejuknya air terjun pengantin membuat Anda betah berlama-lama di tempat wisata ini.

Museum Kretek

Kudus memang terkenal dengan kreteknya. Jadi, tak heran jika Anda harus berkunjung ke Museum Kretek yang menjadi salah satu ikonnya kota Kudus. Museum ini beraada di Jalan gates Pejaten Nomor 155, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Wisata Museum Kretek di Kabupaten Kudus

Museum yang berdiri sejak 1986 silam ini, memiliki 1.195 lebih koleksi sejarah yang berkaitan dengan kretek, mulai dari alat dan bahan pembuatn kretek, dokumentasi pendiri pabrik rokok bal tiga, hingga benda-benda promosi yang digunakan pada masa lalu. Selain itu, Anda juga dapat menyaksikan langsung proses produksi kretek secara manual hingga cara modern. Museum ini buka setiap hari, mulai pukul 07.30 hingga 16.00.

Museum Purbakala Patiayam

Selain museum Kretek, ada museum menarik lainnya yang bisa Anda kunjungi yakni Museum Purbakala Patiayam. Sebuah museum yang mengoleksi fosil manusia purba, hingga fosil fauna vertebrata dan invertebrata.

Museum Purbakala Patiayam Kudus

Museum ini masih terjaga dan terawat dengan baik. Tempat wisata ini sangat cocok dikunjungi bersama putra-putri tercinta, karena dapat memberikan wawasan baru bagi sang anak. Sungguh wisata yang mengedukasi. Anda dapat menemukan museum ini di kawasan Dukuh Kancilan, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kudus.

Air Terjun Goa Kudus

Selanjutnya ada wisata alam yang disuguhkan Kudus yakni Air Terjun Goa Kudus. Sebuah air terjun yang selalu diramaikan pengunjung setiap hari libur tiba.

Air terjun yang menyegarkan ini ternyata memiliki keunikan tersendiri yang menjadi daya tarik para wisatawan yakni memiliki dua sumber mata air. Hal inilah yang menjadikan air terjun ini tidak pernah kering meski di musim kemarau sekali pun.

Air Terjun Tiga Rasa Muria Kudus

Air Terjun Tiga Rasa Muria Kudus

Masih tentang air terjun, selanjutnya ada Air Terjun Tiga Rasa Muria Kudus. Sebuah air terjun yang memiliki rasa yang berbeda. Objek wisata ini terbilang penuh misteri, selain airnya yang berbeda rasa, air yang mengalirnya pun memiliki khasiat tertentu, semisal dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang, menambah ketenangan jiwa, hingga mengobati berbagai penyakit.

Alun-alun Simpang Tujuh Kudus

Tak mau kalah di kota lainnya, Kudus pun memiliki alun-alun yang bernama Alun-alun Simpang Tujuh Kudus. Sebuah objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

alun-alun simpang tujuh kudus

Tempat ini memiliki berbagai spot foto yang menarik, salah satunya ada tulisan Simpang 7 Kudus yang cukup besar dihiasi dengan cahaya lampu yang menyorot dengan indah, membuat para pengunjung mengantri untuk mengambil foto di tempat itu.

Terdapat banyak fasilitas yang disediakan untuk memberi kenyamanan setiap pengunjung, yakni shelter untuk beristirahat, jogging track, wifi corner, serta tanaman yang dipenuhi bunga berwarna-warni.

Gunung Muria

Terakhir, ada Gunung Muria yang memiliki pesona indah nan menyejukkan. Gunung yang terletak di antara tiga kabupaten ini, yakni Kabupaten Kudus, kabupaten Pati dan Kabupaten Jepara, menjadi incaran para pecinta alam.

Untuk mencapai gunung ini, terdapat dua jalur yang bisa dilewati, yakni jalur Rahtawu, Kudus dan jalur Tempur, Jepara. Namun, disarankan untuk memilih jalur Rahtawu, karena memang medan yang dilalui cukup mudah dibanding jalur Jepara.

Gunung Muria ini masih terjaga kealamiannya, karena memang masih belum terjamah banyak pendaki. Pemandangannya yang menyejukkan dengan nuansa gunung yang hijau banyak dinikmati oleh para pendaki berbagai penjuru.

Itulah 10 tempat wisata di Kudus yang asyik untuk liburan. Jangan lupa siapkan fisik Anda, untuk menikmati liburan yang maksimal.

Happy travelling!

No comment for 10 Tempat Wisata di Kudus yang Asyik untuk Liburan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post to 10 Tempat Wisata di Kudus yang Asyik untuk Liburan

Taman Menteng malam hari

10 Spot Foto Malam Hari di Jakarta yang Lagi Hits

Posted at October 12, 2018

Spot Foto Malam Hari di Jakarta yang Lagi Hits – Berwisata atau berlibur kurang greget rasanya kalau tidak diabadikan dalam jepretan. Di jakarta sendiri... Read More

Pantai Pink Lombok

7 Pantai di Lombok yang Jadi Incaran Wisatawan

Posted at August 19, 2018

Pantai di Lombok yang cantiknya kebangetan berikut ini merupakan incaran wisatawan dunia. Penasaran pantai apa saja? lanjutkan membaca ya! Kawasan Nusa Tenggara Barat, Khususnya... Read More

Recent Comment